Laman

Sabtu, 05 September 2015

Ciri Ciri kayu Stigi

bunga stigi berwarna putih atau merah belia keputihan dengan membisueter antara 0,7 – 1,0 cm yang tumbuh di ketiak daun. mahkota bunga terdiri atas 6 kuntum sedangkan kelopak bunga terdiri atas 12 helai. buah centigi kecil dengan membisueter sekitar 0,3 – 0,5 cm, berwarna hijau dengan permukaan buah berambut. buah memiliki banyak biji yang berukuran sangat kecil.

kayu stigi yang bertuah sampai bonsai
bagi ahli metafisika, kayu setigi merupakan “rajanya kayu bertuah” yang memiliki energi metafisika yang kuat dengan aneka macam manfaat magis. khasiat magis tersebut antara lain untuk menangkal ilmu hitam (santet, tenung, dan guna-guna) dan segala daya negatif lainnya, meningkatkan kewibawaan dan kharisma pemakainya, menunjukkan kekuatan tubuh dan kekebalan, media pengasihan, melumpuhkan orang yang berniat jahat, serta menyerap aneka macam mampu dan racun binatang. untuk memanfaatkan tuah dan khasiatnya, kayu setigi dibuat menjadi aneka macam aksesoris mirip tasbih, cincin dan batu cincin (akik), gelang, gagang tongkat, gagang dan sarung senjata (mirip keris), sabuk, sampai pipa rokok.
kekuatan energi yang dipunyai kayu stigi (mentigi) tergantung pada kawasan harapanl kayu (pohon), cara pengamkalaun, dan orang yang mengambilnya. bagi para pelsaya metafisika, kayu stigi dibedakan menjadi dua yaitu stigi laut (tumbuh di tepi laut) dan stigi daratan. konon, kayu stigi yang berharapanl dari kepulauan karimunjawa memiliki khasiat dan kualitas terbaik.
selain manfaat dari aspek magis dan supranatural, kayu setigi dipercaya juga mampu menjadi obat herbal alternatif. kayunya, dengan aneka macam cara, memiliki kegunaan sebagai pereda sakit, menyembuhkan reumatik, bahkan menringankan gejala kanker. namun manfaat-manfaat klinis ini masih memerlukan kajian yang mendalam.

bonsai pemphis acidula santigi
bonsai pemphis acidula atau santigi

pemanfaatan lainnya dari pohon stigi atau drini (pemphis acidula) ialah untuk bahan membuat bonsai. kbirteristis tumbuhan, mulai dari akar, batang, percsaudara tertuaan, daun, bunganya yang khas, ditambah dengan daya tahan tumbuhan dan pertumbuhannya yang lambat menjsaudara termudaan setigi menjadi tanaman favorit di kalangan pencinta bonsai. tak ayal bonsai dari tanaman centigi ini memiliki harga yang sangat mahal.
namun kepercayaan kayu setigi sebagai kayu bertuah dan penggunaannya sebagai tanaman bonsai telah meningkatkan perburuan dan jual beli pohon setigi baik dalam kondisi hidup maupun kayu batangnya. perburuan liar ini telah membuat tumbuhan ini semakin langka, bahkan punah di aneka macam tempat asli aslinya. meskipun kawasan sebaran tumbuhan ini sangat luas, namun dengan pertumbuhannya yang lambat serta mbirnya perburuan, iucn redlist memperkirakan telah terjadi penurunan populasi secara global mencapai 21 % dalam 25 tahun terakhir. karena itu, oleh iucn redlist, setigi (pemphis acidula) dikategorikan dalam status keterancaman “least concern” (berisiko rendah